Sabtu, 06 Oktober 2012

Salafi Sejati

Salafi sejati yaitu pengikut ulama salaf (dahulu) yang sholeh dan mu'tabar keilmuannya.sedangkan lawan dari salaf adalah khalaf(baru),Semua jumhur ulama Ahlu'sunah waljamaah sepakat dimasa sekarang kita wajib mengikuti Madzhab ulama Salaf yang terdahulu yang mu'tabar yaitu 4 madzhab,yang rata-rata hidup diabad 1 dan ke 2 hijriyah.
 4 Madzhab yang mu'tabar yaitu:

1.Madzhab Hanafi
Madzhabnya Imam abu Hanifah Nu'man Bin Tsabit,Lahir dikufah tahun 80H dan wafat tahun 150H.

2.Madzhab maliki
Madzhabnya Imam malik bin Anas.Lahi di madinah tahun 90H.wafat tahun 179H.

3.Madzhab syafii
Madzhabnya Imam Syafii atau Imam abu Abdillah Muhammad bin Idris lahir di ghozah tahun 150H.dan wafat tahun 150H.
 Madzhab Syafii merupakan madzhab yang dianut mayoritas muslim di indonesia sejak jaman para wali songo,para ulama pesantren yang menyebarkan islam ditanah jawa hingga sekarang.

4.Madzhab hambali
Madzhabnya Imam Ahmad bin Hambal lahir di marwaz tahun164H.wafat tahun 241H.

Adapula aliran madzhab lain yang tidak mu'tabar,dan wajib untuk tidak diikuti karena bertentangan dengan jumhur Ulama Ahlusunnah waljamaah (*sumber :40 masalah agama Bab.Moderenisasi agama). diantara salah satunya ialah:
-Madzhab Mu'tajilah
Madzhab Mutajilah didirikan oleh Abul Abbas Taqiuddin Ahmad bin Abdus Salam bin Abdullah bin Taimiyah al Harrani (Bahasa Arab: أبو عباس تقي الدين أحمد بن عبد السلام بن عبد الله ابن تيمية الحراني), atau yang biasa disebut dengan nama Ibnu Taimiyah saja (lahir: 22 Januari 1263/10 Rabiul Awwal 661 H – wafat: 1328/20 Dzulhijjah 728 H), adalah seorang pemikir dan ulama Islam dari Harran, Turki.
  Pada akhir-akhir ini,ketika segelinitir orang menyebut Ibnu taimiyah (yang hidup di abad 6 dan ke 7 hijriyah) sebagai Ulama salaf  dan menjadikan Rujukan nya dalam berhujah,dan mengabaikan fatwa Imam salaf yang sebenarnya Imam Syafii dan madzhab lain yang mu'tabar Yang hidup di abad 1dan ke 2 hijriah yang tentu lebih dekat dengan masa Rasulullah SAW adalah tidak tepat.Karena Ibnu taimiyah termasuk ulama Khalaf(baru) jika dibandingkan Imam 4 Madzhab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar